NEWS
UEFA memutuskan untuk menunda kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa 2019-2020 hingga Juli dan Agustus. Keputusan ini dibuat menyusul pandemi virus Corona yang telah merusak seluruh jadwal kompetisi sepakbola di Eropa maupun dunia.

Pada hari ini, (1/4/2020) malam WIB, UEFA memang mengadakan pertemuan dengan 55 asosiasi sepakbola Eropa untuk membahas rencana kompetisi mendatang yang sempat mengalami penundaan. Hasilnya, UEFA mengumumkan, Liga Champions kemungkinan akan bisa digelar pada Juli dan Agustus 2020. Liga Champions sudah sejak dua minggu lalu ditangguhkan. Alasannya tak lain karena virus Corona COVID-19 yang makin menggila di Eropa. 

Sementara itu, semua pertandingan internasional yang dijadwalkan pada Juni kemungkinan akan ditunda sampai musim gugur. Keputusan tersebut dibuat untuk memberikan jalan bagi kompetisi domestik dalam menyelesaikan musim 2019-2020.

Saat ditunda, Liga Champions sudah menyelesaikan pertandingan babak 16 besar. Namun, ada beberapa pertandingan yang tertunda di leg kedua.

Sejauh ini kompetisi Liga Champions 2019-2020 masih ada yang memainkan babak 16 besar. Sebut saja seperti laga Chelsea vs Bayern Munich, Lyon vs Juventus, Real Madrid vs Manchester City, dan Napoli vs Barcelona.

Keempat laga tersebut belum menjalani laga leg kedua karena mengalami penundaan akibat pandemi virus Corona. Sementara itu, empat tim sudah memastikan diri lolos ke perempatfinal seperti Paris Saint-Germain, Atalanta, Atletico Madrid, dan RB Leipzig.

Sedangkan sebagian besar Liga Europa baru memainkan leg pertama babak 16 besar, hanya dua laga yang belum menggelar laga 16 besar.

Di sisi lain, meski melanjutkan Liga Champions dan Liga Europa pada Juli serta Agustus mendatang, UEFA kemungkinan besar akan tetap menggelar pertandingan tanpa adanya penonton di dua turnamen tersebut, menurut laporan Independent.

Kemudian, banyaknya kompetisi-kompetisi di Eropa yang ditunda akan menimbulkan masalah baru. Sebab, akan ada banyak pemain yang kontraknya berakhir pada Juni mendatang.